John Dewey seorang ahli pendidikan
berkebangsaan Amerika
Sedangkan menurut David Johnson & Johnson memaparkan 5 langkah
melalui kegiatan kelompok :
a. Mendefinisikan masalah.
memaparkan 6 langkah
dalam pembelajaran berbasis masalah ini :
a. Merumuskan
masalah. Guru membimbing peserta didik untuk
menentukan masalah
yang akan dipecahkan dalam proses
pembelajaran,
walaupun sebenarnya guru telah menetapkan
masalah tersebut.
b. Menganalisis
masalah. Langkah peserta didik meninjau
masalah secara
kritis dari berbagai sudut pandang.
c. Merumuskan
hipotesis. Langkah peserta didik merumuskan
berbagai
kemungkinan pemecahan sesuai dengan pengetahuan
yang dimiliki.
d. Mengumpulkan data.
Langkah peserta didik mencari dan
menggambarkan
berbagai informasi yang diperlukan untuk
memecahkan
masalah.
e.
Pengujian
hipotesis. Langkah peserta didik dalam merumuskan
dan mengambil
kesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan
hipotesis yang
diajukan
f.
Merumuskan rekomendasi
pemecahan masalah. Langkah
peserta didik menggambarkan rekomendasi yang dapat dilakukan
sesuai rumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan.
peserta didik menggambarkan rekomendasi yang dapat dilakukan
sesuai rumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan.
Sedangkan menurut David Johnson & Johnson memaparkan 5 langkah
melalui kegiatan kelompok :
a. Mendefinisikan masalah.
Merumuskan masalah
dari peristiwa tertentu yang mengandung
konflik hingga
peserta didik jelas dengan masalah yang dikaji.
Dalam hal ini guru
meminta pendapat peserta didik tentang
masalah yang
sedang dikaji.
b.
Mendiagnosis
masalah
yaitu menentukan
sebab-sebab terjadinya masalah.
c. Merumuskan alternatif
strategi.
Menguji setiap
tindakan yang telah dirumuskan melalui diskusi kelas.
d.
Menentukan &
menerapkan strategi pilihan.
Pengambilan
keputusan tentang strategi mana yang dilakukan.
e. Melakukan evaluasi. Baik evaluasi proses maupun evaluasi
hasil.
Secara umum
langkah-langkah model pembelajaran ini adalah :
a.
Menyadari Masalah.
Dimulai dengan
kesadaran akan masalahyang harus dipecahkan.
Kemampuan yang
harus dicapai peserta didik adalah peserta didik
dapat menentukan
atau menangkap kesenjangan yang dirasakan
oleh manusia dan
lingkungan sosial.
b.
Merumuskan
Masalah.
Rumusan masalah
berhubungan dengan kejelasan dan
kesamaan persepsi
tentang masalah dan berkaitan dengan
data-data yang
harus dikumpulkan. Diharapkan peserta didik
dapat menentukan
prioritas masalah.
c.
Merumuskan
Hipotesis.
Peserta didik diharapkan dapat menentukan
sebab akibat
dari masalah yang
ingin diselesaikan dan dapat menentukan
berbagai
kemungkinan penyelesaian masalah.
d.
Mengumpulkan Data.
Peserta didik didorong untuk mengumpulkan
data yang relevan.
Kemampuan yang
diharapkan adalah peserta didik dapat
mengumpulkan data
dan memetakan serta menyajikan
dalam berbagai
tampilan sehingga sudah dipahami.
e.
Menguji Hipotesis.
Peserta didik
diharapkan memiliki kecakapan menelaah dan
membahas untuk
melihat hubungan dengan masalah yang diuji.
f.
Menetukan Pilihan
Penyelesaian.
Kecakapan memilih
alternatif penyelesaian yang memungkinkan
dapat dilakukan
serta dapat memperhitungkan kemungkinan
yang dapat terjadi
sehubungan dengan alternatif yang dipilihnya.
Terima kasih.. membantu sekali :)