contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in



     

Sebagai suatu model pembelajaran, model pembelajaran berbasis
masalah memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
1.        Pemecahan masalah merupakan teknik yang cukup bagus
untuk lebih memahami isi pelajaran.
2.        Pemecahan masalah dapat menantang kemampuan peserta
didik serta memberikan kepuasan untuk menentukan pengetahuan
baru bagi peserta didik.
3.        Pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran
peserta didik.
4.        Pemecahan masalah dapat membantu peserta didik bagaimana
mentrasfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam
kehidupan nyata.
5.        Pemecahan masalah dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggungjawab
dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
           6.         Melalui pemecahan masalah dianggap lebih menyenangkan
           dan disukai peserta didik.
          7.      Pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan
          peserta didik untuk berpikir kritis dan mengembangkan
          kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan
          pengetahuan baru.
          8.      Pemecahan masalah dapat memberikan kesempatan
          pada peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan
          yang mereka miliki dalam dunia nyata.
           9.     Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat
           peserta didik untuk secara terus menerus belajar.
  Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran berbasis masalah harus dimulai dengan
kesadaran adanya masalah yang harus dipecahkan. Pada
tahapan ini guru membimbing peserta didik pada kesadaran
adanya kesenjangan atau gap yang dirasakan oleh manusia atau
lingkungan sosial. Kemampuan yang harus dicapai oleh peserta
didik, pada tahapan ini adalah peserta didik dapat menentukan atau
menangkap kesenjangan yang terjadi dari berbagai fenomena yang ada.



Disamping keunggulannya, model ini juga mempunyai kelemahan, yaitu :
1.        Manakala peserta didik tidak memiliki minat atau tidak mempunyai
        kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, 
  maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba.
2.        Keberhasilan strategi pembelajaran melalui problem solving 
        membutuhkan cukup waktu untuk persiapan
3.     Tanpa pemahaman mengapa ereka berusaha untuk memecahkan
        masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar
        apa yang mereka ingin pelajari. 

0

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

O'clock

VIDEO

Followers