Sebagai suatu model pembelajaran, model pembelajaran
berbasis
masalah memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
1.
Pemecahan masalah
merupakan teknik yang cukup bagus
untuk lebih memahami isi pelajaran.
2.
Pemecahan masalah
dapat menantang kemampuan peserta
didik serta memberikan kepuasan untuk menentukan
pengetahuan
baru bagi peserta didik.
3.
Pemecahan masalah
dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran
peserta didik.
4.
Pemecahan masalah
dapat membantu peserta didik bagaimana
mentrasfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah
dalam
kehidupan nyata.
5.
Pemecahan masalah
dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggungjawab
dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
6.
Melalui pemecahan
masalah dianggap lebih menyenangkan
dan disukai peserta didik.
7. Pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan
peserta didik untuk berpikir kritis dan mengembangkan
kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan
pengetahuan baru.
8.
Pemecahan masalah
dapat memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan
yang mereka miliki dalam dunia nyata.
9. Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat
peserta didik untuk secara terus menerus belajar.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran berbasis masalah harus dimulai dengan
kesadaran adanya masalah yang harus dipecahkan. Pada
tahapan ini guru membimbing peserta didik pada kesadaran
adanya kesenjangan atau gap yang dirasakan oleh manusia atau
lingkungan sosial. Kemampuan yang harus dicapai oleh peserta
didik, pada tahapan ini adalah peserta didik dapat menentukan atau
menangkap kesenjangan yang terjadi dari berbagai fenomena yang ada.
pembelajaran berbasis masalah harus dimulai dengan
kesadaran adanya masalah yang harus dipecahkan. Pada
tahapan ini guru membimbing peserta didik pada kesadaran
adanya kesenjangan atau gap yang dirasakan oleh manusia atau
lingkungan sosial. Kemampuan yang harus dicapai oleh peserta
didik, pada tahapan ini adalah peserta didik dapat menentukan atau
menangkap kesenjangan yang terjadi dari berbagai fenomena yang ada.
Disamping keunggulannya, model ini juga mempunyai
kelemahan, yaitu :
1.
Manakala peserta
didik tidak memiliki minat atau tidak mempunyai
kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk
dipecahkan,
maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba.
2.
Keberhasilan
strategi pembelajaran melalui problem solving
membutuhkan cukup waktu untuk persiapan
3. Tanpa pemahaman mengapa ereka berusaha untuk memecahkan
masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar
apa yang mereka ingin pelajari.